UKM memiliki peran yang penting terhadap
perkembangan perekonomian di Indonesia. Dengan adanya UKM yang jumlahnya
mencapai 60 juta, perputaran uang di tengah-tengah masyarakat bisa berlangsung
dengan begitu cepat.
Selain itu, UKM juga berperan serta dalam
mengurangi tingkat pengangguran karena menyerap banyak sekali tenaga kerja.
Dengan kontribusinya yang begitu besar, maka sangat penting bagi UKM untuk
terus berkembang dan menghasilkan omset yang besar agar bisa bertahan di tengah
ketatnya persaingan bisnis.
Lalu, bagaimana cara agar UKM bisa menghasilkan
omzet yang berlipat ganda? Simak 10 strategi untuk melipatgandakan omzet bagi
UKM berikut ini.
1. Melakukan inovasi produk
Seringkali saat sudah membuat suat produk dan
laku, membuat beberapa pelaku UKM berpuas diri. Padahal, anda harus terus
melakukan inovasi produk agar omset yang anda dapatkan bisa meningkat.
Terlebih, jika anda berada di dalam posisi
ketika produk anda sepi pembeli. Anda harus cepat tanggap dan mulai melakukan
riset serta inovasi untuk pengembangan produk sesuai dengan apa yang sedang
trend di pasaran.
Inovasi produk bisa dilakukan dengan beberapa
cara. Seperti menambahkan variasi rasa, meningkatkan nilai manfaat, serta
mengubah kemasan agar terlihat lebih menarik. Sebagai contoh, anda menjual
keripik pisang dengan rasa gurih saja.
Kemudian anda bisa menambahkan inovasin keripik
pisang dengan beberapa ragam variasi rasa. Misal rasa green tea, vanila, keju,
coklat dan lain sebagainya. Dengan begitu, produk anda akan memiliki keunggulan
tersendiri yang bisa menarik konsumen untuk lebih memilih produk anda
dibandingkan dengan brand yang lain.
2. Branding produk
Agar produk anda dikenal banyak orang, anda
perlu melakukan branding produk. Apalagi jika produk anda terbilang baru dan
anda perlu menggunakan strategi ekstra untuk menciptakan brand awareness
terhadap produk anda di kalangan para customer.
Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk
branding produk, misalnya dengan iklan, menjadi sponsor di event-event besar
atau berkolaborasi dengan brand besar. Dengan cara itu, produk anda akan
semakin dikenal banyak orang dan otomatis omzet anda akan semakin bertambah.
3. Berjualan di media sosial
Di era digital seperti sekarang ini, media sosial
tidak hanya dijadikan sebagai sarana untuk mengekspresikan diri. Lebih dari
itu, media sosial kini bertransformasi menjadi lapak bisnis untuk berjualan
terutama facebook dan instagram.
Banyak sekali pebisnis yang mendapatkan omset
hingga puluhan juta rupiah hanya dari berjualan di media sosial. Karena itu, anda
juga jangan sampai ketinggalan. Selain berjualan secara offline, anda juga
perlu untuk memasarkan produk UKM di media sosial.
Jangan lupa juga untuk sesuaikan dengan target
market. Jika target market anda adalah milenial, maka anda perlu fokus untuk
pemasaran di instagram. Sedangkan untuk target market orang dewasa atau calon
customer dari luar negeri, maka pemasaran lewat facebook akan lebih efektif.
Apalagi di facebook sudah tersedia banyak
sekali grup-grup pebisnis termasuk grup ekspor impor. Jadi jangan sampai anda
melewatkan peluang ini.
4. Berjualan di marketplace
Cara untuk melipatgandakan omset UKM yang
selanjutnya adalah dengan berjualan di marketplace. Trend berbelanja online di
marketplace akhir-akhir ini menjadi primadona masyarakat dari berbagai
kalangan.
Apalagi dengan banyaknya diskon plus layanan
gratis ongkir akan membuat para konsumen jatuh hati dan tidak mungkin menolak
untuk berbelanja. Tentunya, ini menjadi peluang yang besar bagi anda untuk
menaikkan omset penjualan.
Anda bisa membuka toko online di beberapa
marketplace dengan traffic paling tinggi. Jangan lupa untuk berpartisipasi di
beberapa event-event khusus yang ditawarkan oleh marketplace tersebut.
Yang paling trend adalah hari belanja online
nasional dan flash sale. Dengan berpartisipasi di event-event besar ini, anda
bisa memperkenalkan brand anda dan menggaet customer baru. Semakin banyak yang
tertarik dengan produk anda, maka omset yang anda dapatkan juga akan berlipatganda.
5. Mempromosikan produk secara berkala
Mempromosikan produk secara berkala bisa
dilakukan dengan beberapa cara. Seperti memasang iklan fb ads, ig ads atau
google ads. Selain biaya iklan yang lebih murah, dengan fitur atau layanan
iklan otomatis dari media sosial tersebut juga akan mempermudah pengaturan
jadwal promosi.
Buat anda yang berjualan di marketplace, Anda
juga bisa menggunakan fitur iklan untuk menaikkan produk anda. Cara-cara ini
akan membuat produk anda semakin dikenal dan otomatis akan lebih mudah menggaet
customer baru.
6. Aktif mengikuti pameran produk UKM
Saat ini, banyak sekali diselenggarakan
event-event atau pameran yang tujuannya untuk mempromosikan produk-produk UKM
baik itu dari pemerintah ataupun swasta. Ini bisa menjadi salah satu cara
efektif untuk melipatgandakan omset penjualan.
Dengan mengikuti pameran, produk anda akan
semakin dikenal banyak orang. Apalagi jika penyelenggaranya adalah pemerintah
lewat dinas terkait. Di mana produk-produk yang unggul dan dinilai prospektif,
biasanya berpeluang mendapatkan perhatian lebih dari pemerintah.
Misalnya, akan mendapatkan pelatihan khusus
untuk pengembangan bisnis atau dihubungkan dengan market yang lebih luas.
Sehingga anda harus rajin-rajin mengikuti pameran.
Sembilan (Sembilan) Strategi Melipatgandakan Omzet UKM
Selain branding produk, dengan mengikuti
pameran anda juga sekalian berjualan produk. Jika pengunjung yang datang banyak
jumlahnya dan sesuai dengan target market anda, maka dijamin produk anda akan
laris manis. Dan otomatis penghasilan yang anda dapatkan juga akan berlipat.
7. Menggunakan jasa endorse
Selain iklan atau pameran, ada satu lagi cara
untuk meningkatkan brand awareness
produk anda yaitu dengan menggunakan jasa endorse artis atau influencer.
Tentunya, anda harus menyisihkan dana sebelum memutuskan untuk menggunakan jasa
endorse.
Cara yang disebutkan di atas memang terbukti
ampuh untuk meningkatkan penjualan. Pasalnya, para influencer memiliki banyak
sekali follower atau fans setia yang cenderung mengikuti apa saja yang
dilakukan oleh idola mereka.
Anda perlu cermat saat memilih influencer,
jangan sampai anda sudah mengeluarkan banyak uang tapi hasil yang didapatkan
tidak sesuai. Pilihlah jasa endorse yang memang sudah terpercaya dengan
banyaknya review positif.
8. Bergabung di komunitas bisnis
Kunci kesuksesan sebuah bisnis salah satunya
adalah networking yang bagus. Untuk itu, anda perlu bergabung di komunitas
bisnis. Di dalam komunitas itu, anda bisa bertemu dengan teman-teman yang
se-frekuensi.
Di samping anda akan mendapatkan pengetahuan
tentang bisnis, anda juga bisa sekalian memasarkan produk anda pada teman-teman
di komunitas.
9. Membuka reseller atau dropshipper
Di era yang semakin terbuka ini, sudah bukan
lagi jamannya untuk berkompetisi. Untuk memperbesar bisnis, anda perlu
berkolaborasi dengan pihak lain. Untuk itu, sistem affiliate marketer saat ini
menjadi primadona karena diyakini bisa meningkatkan omset penjualan.
Hal ini sesuai dengan teori faktor kali.
Bayangkan jika anda berjualan sendiri dengan jumlah penjualan rata-rata per
bulan misal 100 pcs. Jika anda memiliki reseller atau dropshipper sebanyak 50
orang dengan jumlah penjualan rata-rata 50 per bulan.
Maka, otomatis omset yang anda dapatkan akan
lebih banyak dan berlipat ganda. Jadi, jangan sampai anda berpikiran tertutup
yang hanya fokus pada diri sendiri. Untuk menjadi pebisnis yang sukses dengan
omset yang berlipat, anda harus menjadi pribadi yang cermat, fleksibel dan open minded dengan segala perkembangan
strategi marketing.